Rudini Sirat

Saha Maneh Saha

Foto saya
Bandung, Jawa Barat, Indonesia
Nomor kontak saya 085721653609. info lengkapnya di http://www.facebook.com/rud.tankian/info

Selasa, 12 Juni 2012

Mr. Bean Bukan Hanya Rowan Atkinson?



Sebagian penonton merasa tertipu setelah menonton film Mr. Bean Kesurupan Depe garapan KK Dheeraj yang diperankan oleh Dewi Persik dan Mr. Bean. Masyarakat merasa dibohongi oleh KK Dheeraj. Ujung-ujungnya produser film yang berasal dari India ini dituduh telah melakukan kebohongan publik. Masyarakat mengira, yang dimaksud Mr. Bean dalam film tersebut adalah Rowan Atkinson, tokoh yang sudah melekat sebagai Mr. Bean dalam film-film serta serial TV. KK Dheeraj tak sedikitpun melibatkan Rowan Atkinson yang berasal dari Inggris ini dalam pembuatan film tersebut.

Rowan Atkinson dan Mr. Bean memang acap kali dianggap tak terpisahkan, sudah menyatu. Rowan Atkinson adalah Mr. Bean, dan Mr. Bean adalah Rowan Atkinson. Jika ada yang mengaku Mr. Bean selain Rowan Atkinson, maka dianggap sebagai Mr. Bean palsu. Mr. Bean asli hanyalah Rowan Atkinson. Makanya, setelah diketahui bahwa Mr. Bean yang disebutkan oleh KK Dheeraj itu bukanlah Rowan Atkinson, maka disebut Mr. Bean Palsu. KK Dheeraj memang tak pernah menyebutkan nama Rowan Atkinson dalam film yang tayang pertama kali pada 7 Juni 2012 ini.

Tokoh Mr. Bean dalam film tadi memang benar orang Inggris yang memiliki kemiripan wajah dengan Rowan Atkinson. Mungkin juga dimirip-miripkan supaya terlihat seperti Mr. Bean-nya Rowan Atkinson. Alasannya, dengan mendatangkan Mr. Bean palsu ongkosnya pasti jauh lebih murah. Untuk menggunakan Rowan Atkinson tidak mudah dan murah. Masih banyak pula masyarakat Indonesia yang tak tahu nama asli pemeran Mr. Bean asli. Inilah celah yang dimanfaatkan KK Dheeraj untuk menjual film Mr. Bean Kesurupan Depe.

Setelah menontonnya, ternyata banyak yang kecewa lantaran Mr. Bean dalam film tersebut tak sedikitpun seperti Mr. Bean yang dikenal. Awalnya masyarakat sudah membayangkan film itu pasti lucu, kocak, yang bisa membuat penonton ketawa terpingkal-pingkal dari setiap tingkahnya. Ternyata semuanya di luar dugaan. Jelas saja membuat mereka kecewa. Beda lagi ceritanya bila Mr. Bean palsu ini benar-benar dengan powerfull dapat memerankan Mr. Bean asli. Tapi nyatanya tidak, hanya wajahnya saja yang mendekati kemiripan.

Dalam iklan serta promosinya hanya disebutkan Mr. Bean, tak disebutkan nama asli si Mr. Bean palsu itu. Ketika ditanya pun, KK Dheeraj dengan ngotot menyatakan, bahwa Mr. Bean yang dimaksud adalah Mr. Bean asli asal Inggris. "Saya bilang ini Mr. Bean asli dari Inggris, tapi bukan Rowan." Seperti itu KK Dheeraj berkilah. Jika diamati, memang KK Dheeraj tak melakukan kebohongan publik, tapi dia dengan sengaja mengecoh masyarakat. Mau tak mau, KK Dheeraj mesti menerima tuduhan melakukan kebohongan publik, bahkan penipuan. Tetapi, kita juga bisa bertanya kepada penonton, kenapa bisa tak jeli sebelum menontonnya.

Tengok dan perhatikan saja, sejak awal tidak tertulis nama Rowan Atkinson berperan sebagai Mr. Bean. Lebih ngotot lagi adalah Dewi Persik atau cukup dipanggil Depe saja. Sejak diduga Mr. Bean dalam film tadi ternyata palsu, Depe dengan keukeuh-nya menyatakan, Mr. Bean yang dimaksud asli. Depe memang tak menyebutkan pula nama Rowan Atkinson, dia hanya bilang Mr. Bean asli didatangkan dari Inggris. Itupun setelah terbukti bahwa Mr. Bean dalam film tersebut ternyata bukan Rowan Atkinson. Apakah salah KK Dheeraj dan Depe menyatakan seperti itu?

Saya hanya menduga, jangan-jangan Depe tidak diberi tahu oleh KK Dheeraj bahwa Mr. Bean yang dilibatkan dalam film tersebut bukan Mr. Bean asli. Mungkin pula, Depe tak tahu nama asli tokoh Mr. Bean itu adalah Rowan Atkinson. Dalam pernyataan-pernyataan Depe melalu pers, Depe menjelaskan bahwa Mr. Bean sebenarnya tidak humoris seperti yang dikenal selama ini. Depe juga mengaku bahwa dirinya gugup saat bermain bersama Mr. Bean. Alasannya, Mr. Bean bagi dia adalah aktor legendaris. Seakan bermimpi bisa bareng main film dengan Mr. Bean, begitulah cara Depe meyakinkannya. Dalam artian, selama ini Depe dengan yakinnya bahwa Mr. Bean yang bareng bermain film dengannya adalah Rowan Atkinson. Lucu juga, tak hanya penonton yang terkecoh, Depe sudah terkecoh dibuatnya.

Bagi saya, ini hanyalah strategi bisnis yang digunakan KK Dheeraj. Bisnis merupakah gabungan dari berbagai disiplin ilmu meski bertumpu pada ilmu ekonomi. Pebisnis mesti memahami psikologi serta sosialogi dalam sebuah tatanan dan karakter masyarakat. Seperti yang dijelaskan sebelumnya, dalam benak masyarakat, bahwa Mr. Bean dan Rowan Atkinson itu sama. Bila ada Mr. Bean selain Rowan Atkinson dianggap palsu.

Tapi bagi orang-orang tertentu, dapat dipahami bahwa Mr. Bean bukan hanya milik Rowan Atkinson. Siapa saja bisa menjadi Mr. Bean, asalkan dapat memerankan karakter Mr. Bean. Makanya banyak bermunculan para Mr. Bean di berbagai negara, baik di Inggris maupun negara lainnya termasuk pula di Indonesia ada Mr. Bean. Pola pikir seperti ini dibalikan oleh KK Dheeraj.

Mr. Bean itu hanyalah tokoh rekaan. Dalam dongeng Sunda itu kita mengenal Kabayan yang diangkat pertama kali ke layar lebar diperankan oleh Kang Ibing. Kang Ibing juga membuat group lawak bernama D’Kabayan. Tertanamlah di benak masyarakat pada waktu itu, Kabayan adalah Kang Ibing, dan Kang Ibing adalah Kabayan. Beberapa tahun kemudian, lakon Kabayan diangkat lagi ke layar lebar yang diperankan oleh Didi Petet. Lama-lama, Kabayan tidak identik lagi dengan Kang Ibing. KK Dheeraj menggunakan pola pikir seperti ini sebagai strategi bisnisnya.

Seharusnya, sejak awal KK Dheeraj mau terbuka kepada publik untuk menyebutkan nama asli si pemeran Mr. Bean palsu ini. Tapi mau bagaimana lagi, bila memang itu strategi bisnis dia, tentu tak terpikir olehnya untuk menyebutkan nama asli si Mr. Bean palsu dalam promosi film tersebut. Oleh karenanya, bagi penggemar Mr. Bean asli tidak perlu menonton film Mr. Bean Kesurupan Depe bila sudah mengetahui aktornya bukan Rowan Atkinson. Tetapi, bagi yang penasaran silahkan saja, tinggal mengambil pilihan.

3 komentar:

  1. dari judul aja dah ngk mutu knp jg di tonton... dah pulang aja dah india2 itu bkn film sampah aja di sini

    BalasHapus
  2. Seharusnya kalau memang asli dari Inggris, bawa dia si Mr Bean dari Pluit penjual martabak itu ke konferensi pers, selagi Dheraj yang ngomong tanpa membawa aktor itu, maka ia akan bebas berbohong, dan kekebebasan berbohong hanya ada di Indonesia

    BalasHapus
  3. sebuah kemunduran besar untuk dunia perfilman indonesia

    BalasHapus